h1

Test Ride Yamaha Xeon ( Jakarta – Bandung )

10/02/2011

Postingan ane di blog ane yg lain tentang Yamaha Xeon

Sebelum lebaran sempat ngetes xeon (baru beli) dan masih dalam masa InBreak atau bahasa londo nya InReyen alias masih di bawah 1000 km dan belum service pertama.
waktu testing kebetulan bertepatan dengan mudik ke bandung jadi nya mudik touring.
motor yang dipake masih gress dengan spesifikasi mesin standar dari pabrik, ban standar dan settingan angin 2 1/3 dengan kilometer sudah mencapai 424km.
Bahan bakar yang di gunakan pertamax, pengisian full tank di SPBU (PastiPas) daerah Simatupang.
keberangkatan dari jakarta sekitar pukul 5.30 pagi setelah sahur.
suhu udara sepanjang perjalanan touring dingin, sedikit lembab dan mendung (via Puncak – cianjur).

Mulai dari jakarta hingga ciawi bogor penjalanan lancar tanpa ada macet, kecepatan motor stabil di kisaran 70-80 kpj.
selepas ciawi ke arah cisarua (taman safari) macet namun motor masih bisa terus jalan dengan kecepatan rendah 30-50 kpj.
lepas dari taman safari jalanan sepi dan kecepatan stabil di kisaran 70-80 kpj hingga ke cianjur.
dari cianjur ke padalaran jalan masih sepi, bisa sesekali full throttle untuk mencapai top speed selebih nya kecepatan motor di pertahan kan pada 70-80 kpj.
Dari padalarang hingga pasteur jalanan sedikit ramai perjalanan dengan stop nd go.
Pengisian Pertamax kembali full tank di daerah Gunung Batu 3,76 liter pada kilo meter 589 km.
takjub juga untuk jarak 165 km xeon cuma menghabis 3,76 liter atau sekitar 43,88 km untuk 1 liternya.

Touring Arus balik Xeon dari Bandung ke Jakarta Kembali mengisi Pertamax full Tank di SPBU (PastiPas), kilometer motor pada 691.
Perjalanan di mulai dari pukul 7.30 pagi cuaca bandung cerah. Perjalanan dari bandung sampai Padalarang sedikit macet dan relatif stop nd go nd banyak ngerem dan narik gas.
dari padalarang cianjur ramai lancar, kecepatan xeon di seputaran 60-80 kpj. sesekali ngebut hingga top speed biar gak di asepin bus cumi-cumi.
dari cianjur hingga puncak pas relatif lancer tanpa ada kemacetan, namun jalanan yang sedikit bergelombang dan banyak tambalan membuat tangan kesemutan dan pinggang hingga ulu hati rasanya nyeri.
dari puncak pas hingga ciawi muacet banget bagi mobil tapi motor masih bisa selap selip di tengah-tengah jalan mengadu nyawa dan nyali.
sebelum cisarua di alihkan masuk jalan kampung sebagai jalan alternatif, jalanan kampung yang sempit dan banyak tanjalan dan turunan tajam dengan gampang di taklukan xeon, motor lain ngoper gigi buat nambah tenaga tapi dengan xeon cuman butuh sedikit bukaan untuk menaklukan tanjakan di jalur alternatif ini hingga keluar di ciawi.
perjalanan dari bogor hingga ke jakarta lancar cuaca mendung akan turun hujan.
di daerah simatupang kembali Mengisi Pertamax Full Tank dan dapat 3,76 liter pada kilo meter 854.
makin takjub aja dengan xeon yang gak gampang haus, masa jarak 165 km hanya menghabiskan 3,76 liter atau rata-rata 43,351 km perliter.

Selama 3 hari dibandung sempat melakukan testing testingan minum nya xeon untuk kondisi bandung dengan cuaca yang mendung dan hujan, lembab. beban total dengan boncengan yang berat nya sekitar 120 kg ( rider 55 kg, istri 55 kg dan anak 10 kg )3 liter pertamax bisa di gunakan untuk menempuh jarak 102 km dan top speed 100 kpj di jembatan pasopati.
cukup hemat dengan 1 liter masih bisa menempuh jarak 34 km dengan beban 120 kg. Sedikit yang jadi hambatan adalah shock breaker depan keras, shock breaker belakang kondisi nya tidak jauh berbeda keras, rebound nya juga cepat membuat boncenger jadi nya tidak nyaman di kondisi jalanan bandung yang serba off road dan multi tambalan.

Sedikit kesimpulan, Xeon sangat hemat di bawa touring jarak jauh dengan rata-rata pemakaian bensin (Pertamax) di kisaran 43 km per liter dengan beban rider 55 kg dan kecepatan di kisaran 60-80 kpj

Mungkin di antara bro nd sis punya pengalaman lain .. silahkan berbagi di sini

Tulisan Asli dapat di baca di :  http://xeonity.web.id/test-ride-yamaha-xeon-jakarta-bandung/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: