h1

Bila Bayi Susah Buang Air Besar

27/10/2009

jagoan kecilHal ini terjadi ke pada jagoan kecil ku “Nabil Altamis Satria” yang sekarang berumur 4 bulan 13 hari
Sudah 12 hari tidak pup, ini sudah ke tiga kali nya terjadi.
pertama kali sekitar akhir september Sang Jagoan tidak Pup selama 8 hari dan akhir nya di bawa ke bidan untuk di periksa.
Padahal Jagoan gak Rewel tapi Kentut nya itu tuhh.. bau nya amit2 bikin orang se RT bisa pingsan hahahaha.
Sama Bidan Nur ( Umi ) di kasih Mikrolak dan gak lama 10 menit langsung dechh FLooding sama yang kuning-kuning di pampersnya.  Saya Cek warna dan kekentalan Pup nya normal kuning tua sedikit berlendir ( Kan Jagoan Asupannya ASI Ekslusive ).  Besok nya Jagoan Kembali PUP dengan Lancar dan normal, Namum Lusa nya hingga 10 hari kemudian kembali gak pernah PUP lagi dan kembali si kentut bau nya Ampun !!!!

Balik Lagi dech ke Bidan UMI dan di kasih mikrolak. Gak pake lama di dalam ruangan periksa Sang Jagoan Mengeluarkan Beban Kuning nya, hahahah maaf yah Umi ruangan nya jadi Bau PUP nya Sang Jagoan dan sore Jagoan ku kembali PUP normal dan lancar.

Tapi setelah itu kembali sang jagoan gak bisa PUP, Hari ini adalah hari ke 12 belas nih gak PUP dan Kentut nya .. makin makin dechhh bikin Bunda Mabok hahahaha.

Pada hari ke 8 saya coba dengan mencolok di anus nya pake termometer di olesin Baby oil namun si kuning-kuning tetap gak mau keluar, hari ke se-10 di coba lagi tetap sama gak bisa juga, padahal bunda kan cukup makan sayur dan pepaya tiap hari, atau mungkin faktor psikologis ? jadi harus gimana lagi ya ?? masa harus ke Bidan terus dan mikrolat terus …

di inget-inget dulu pernah istri nya paman ngasih tahu “kalo bayi susah pup colok aja pake kunyit”

Pagi tadi abis subuh sempat maen dengan sang jagoan dan jalan menghirup udara segar
jam 7 pagi mandiin, heheh asyik banget sang jagoan maen aer sampe muncrat ke mana-mana.
abis itu di jemur trus Mimik ASI dan tidur.

mandi pagi

Sekarang waktu nya ayah dan bunda bersihin badan, mandi dan makan.
Abis makan Sang Jagoan Bangun dan minta jatah mimik ASI.
sebelum berangkat kerja aku gendong si Jagoan untuk terakhir kali nya sambil ajak dia becanda dan terpikir “kenapa gak di coba yah, colok pake kunyit
akhir nya ke dapur, ambil kunyit di bikin seperti colokan menggunakan pisau.

Sebelum di colok ke anus nya di rendam dulu pake air hangat biar bersih dan di oles Baby Oil biar licin.
Ajaib … gak sampe 2 menit ehh itu pup nya keluar tapi masih sedikit dan si bersihin sama Bunda
trus aku colok sekali lagi sambil bunda bantu menekuk kaki Jagoan ke perut untuk membantu pup keluar dan gak lama si kuning-kuning Pup nya keluar banyak banget
Haa….. Aku dan Istri ku lega sekali … serasa seperti menemukan Tambang emas hahahahahah
091027_092410
yah ini hanya sedikit pengalaman punya dan mengurus bayi, mungkin ada rekan-rekan yang juga punya pengalaman yang lucu dan unik dengan Bayi kesayangan nya
oh ya , ada satu yang jadi pertanyaan saya, apa yang sudah saya lakukan pagi ini berbahaya gak untuk kesehatan sang jagoan ? ada saran ga ya ??

6 komentar

  1. Repot memang kalau ada apa-apa sama si kecil, apalagi soal susah pup.

    Gak bahaya asal dengan perasaan. selain dengan kunyit, bisa juga dgn memakai sabun batang. sabun batang dibentuk meruncing kemudian di colok/tusuk/masuk kan.

    Yang lebih penting, harus di cari tahu enapa terjadi sembelit. Hindari makan-makanan yang menyebabkan sembelit. contohnya pisang. tidak per;lu dihindari sih kalu memeng tidak parah, tapi cukup dikurangi. perbanyak makan buah yg melancarkan pup seperti pepaya.

    Hal ini juga sempat terjadi pada anakku bro. Oh ya, banyak-banyak kaish minum. kalau amish ASI ya cukup ASI.


  2. thanks bro u/ sharing nya …
    kebetulan bayi gwe masih minum ASI saja dan gak ada supan lain nya.
    memang sih seblum ny akita udah konsu denganbidan kira2 penyebab nya apa.
    bisa jadi dari makanan si ibu atau faktor psikologis kita berdua mempengaruhi si kecil.


  3. Memang buat anak baiknya kita menghindari penggunaan obat sebisa mungkin. Thanks ya share metode tradisional-nya, jadi nambah pengetahuan nih (sapa tau perlu, meski mudah2an gak)🙂 share2 lagi kalo ada yg laen ya bro😉


  4. ehh ada bang sahat …
    sering2 mampir yaa nd bagi2 info


  5. Bad usus dapat genetik. Putriku adalah 9 dan sering saya masih perlu untuk menempatkan sabun di pantat ketika dia tidak bisa “melakukan bau”


  6. ada kasus pemakaian mikrolak pada bayi bisa menyebabkan usus besar tidak bekerja sebagaimana mestinya karena otot alamiahnya melemah, sehingga bisa menyebabkan kematian. saya juga pakai metode kunyit dan alhamdulillah berhasil



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: