h1

Modifikasi Jupiter MX ( Pengalaman Seseorang )

26/10/2009

Pengalaman seorang rekan sewaktu modifikasi mesin Jupiter MX. Pahit, manis dan Asin selama mencoba memaksimalkan Mesin Jupiter MX kesayangan

1. Ruang bakar masuk air :
Sebab : Boringan dan Blok tidak rata
Akibat : mesin susah hidup (ya iyalah ! ! ! )

2. Piston pecah dikit mesin tetap hidup :
Sebab : coakan klep tipis ke pinggir piston plus kompresi yang cukup tinggi (tidak kuat menahan – pemakaian 3 hari pertama normal2 aja)
Akibat : hehehe….MX rasa RX-KING yang kebayakan Oli Samping (Keluar banyak asap di knalpot)

3. Kali ini pecah beneran piston-nya plus busi dan klep berantakan dan Head terpaksa beli baru :
Akibat : MOGOK doonk mana bisa jalan (thanks to Mr. Fajar yg bantu stut motor g sampe rumah)
Sebab : KELALAIAN–> karena blok g diatas jebol maka g pake blok STD g yg 135 cc, LUPA kalau kompresi MX STD lebih tinggi daripada Vixion (piston rata vs piston cekung) plus papasan Head dan Cam akhirnya Mentok-lah PISTON, Klep dan Busi

4. Masuk Gigi tapi motor tidak jalan (MX G Auto Clutch diganti manual)
akibat : SENTUL INDEPENDENCE DAY cuman 5 lap… :(( :(( :((
sebab : Karena ingin menghemat biaya, transmisi otomatis di las ke “rumahnya” supaya bisa jadi manual dan juga berfungsi sebagai ENGINE BALANCER nah Las-an ini nya kurang kuat menahan putaran mesin akhirnya ‘COPOT” saran : Bikin Balancer aja deh….AMAN buat kencang

Kesimpulan yang di dapatkan :
1. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai modifikasi yang ingin Anda lakukan…..korekan harian, ekstrim harian, atau kencang sekencang2-nya
2. Pilih Parts yang berkualitas…diluar STD Pabrik gak masalah TAPI jangan terpengaruh iklan—-liat fisik barang lebih baik atau yang sudah teruji di arena balap kalau perlu “berkreasi”
3. JANGAN “BERHEMAT” terkadang ini jadi biang malapetaka bagi hal2 kecil…yang ada menjadi “Boros” karena harus dilakukan 2 kali atau lebih…
4. Aksesoris yang berlebihan terutama kelistrikan…..seperti Klakson besar, lampu2, dsb ini membebankan kelistrikan seperti CDI, Sepul magnet, dsb
5. Gear – kekencangan rantai, dsb…….tidak menjadi lucu bila tiba2 rantai Anda copot saat lari 100kmh ??? benarkan…
6. Rem – ngebut tapi tidak bisa ngerem….. ataupun ada ” Halangan” pada saat melakukan pengereman ( biasanya disebabkan pemasangan underbone dimana tuas rem berdekatan dengan engkol starter…)
7. Suspensi dan Ban – pastikan suspensi Anda mampu “meredam” kemampuan “braking sistem” supaya hal tersebut bisa dilakukan secara optimal

Pengalaman R i c s

Mungkin anda juga punya pengalaman dankesimpulan yang berbeda selama menggunakan dan modifikasi motor kesayangan

16 komentar

  1. saya tdk komen tp, saya mau tanya?(jupiter mx )
    Sy baru beli kurang lebih 3 blanaan,skrng msh kondisi standar. pertanyaaanya???
    Berapa sih kecepatan maxsimalnya kata orang dng cc 135 pling bisanya nyampe 120, tp sy blm mendapatkanya, sampai gigi3 bs 100,tp,..?mau ke gigi 4 kok susah naeknya pling maksimal nyampek 110. tlng dong mintak saranya banget…..? suksma


  2. yang gwe sudah pernah coba dengan Jupiter MX Standar Banget + premium .. top speed nya bisa dapet 130 km dengan jarak lebih dari 1 km.
    MX standar ganti Kanlpot dan Pertamax + bisa dapet 135 km di Sentul.
    Untuk Mendapatkan top speed maksimal MX kudu pinter maenin kopling dan urut gas.
    jangan lupa tiap perpindahan gigi RPM di jaga jangan sampe mentok kena limiter.
    bro silahkan baca2 pengalaman bro di forum komunitas MX
    http://mxrider.or.id/x1/index.php?topic=4568.0
    http://mxrider.or.id/x1/index.php?topic=543.0
    http://mxrider.or.id/x1/index.php?topic=5833.0
    http://mxrider.or.id/x1/index.php?topic=2513.0
    http://mxrider.or.id/x1/index.php?topic=2831.0


  3. gw juga pengen modif mx gw mas. karena harga balance and cranksaft kanan mahal. cara dapetin balancer yang buatan gimana mas. mohon komper pic balancer asli ama yang buatan. truz kalo ga pake balancer efeknya apa?

    sparepart kw 2 nya ada ga mas? truz di jual dimana.

    terimakasih sebelumnya..


  4. g comen, saya mau tanya nC FRend smua..?
    w punya mx baru, trus mau w ganti knalpot CORONG.
    yang w mau tanyain kalo kenalpot corong itu pas g bwat mx w, aL’a tampilan’y oK bgt kalo w liat mx pakein knalpot entu,jarak harian w cuman cikarang bogor.
    “saya mohon ungkapan’y ea,? makasih


  5. ms, saya mau tanya, saya dpt MX tahun 2006, kecepatan mksx hanya 120 km / jM. Gmn caranya spy kecptan di atas itu. mohon sarannya.


  6. gimana tow….
    kang….


  7. Cm share aja.. tuk yg pgn ga limit 120 km ,tips pke aja CDI yg tnpa limiter misal BRT
    cukup ganti busi iridium ,kl pgn baju tambah sobek2 main jet &pilot jet di perbesar ukurannya.Semoga bermanfaat.


  8. KU ada kendala d motor Mx ku ….. D tikungan kenapa tdk setabil Alias goyang D bagian bang belakang seperti mencepak. Juga d saat rem kencang. tolong d balas d Email ku
    donnie_mp@ymail.com


  9. seep informasinya gan muda2 motor ane lancar gan


  10. Dear mas bro skalian.. Mx ane punya kendala nih.. Mx ane udh bore up’an.. Dari mesin sih ga ada kendala cm kena air radiator slalu cpt kosong, apa itu wajar2 aja ato memang ada penyakitnya? Bagi yg tau n pernah garap MX jg tolong share2nya yah.. Tq


  11. bwt mx yg udah b0reup hrus sring” cek kndisi 0li..
    Sbab klo msin udah b0reup mka pnas msin akan brtmbah dan mngakibatkan 0li cpat mnguap..

    Klo 0li kring bsa bkin pist0n mcet..


  12. sdkit tips lg bwt yg pngen mx nya knceng..

    Pke blok vixi0n, gnti kmpas kpling pke honda karisma per nya pke TDR, CDI pke yg digital, n0ken as d bubut ulang atau pke Kawahara kw1, spuyer naek 1 step, final gear gnti yg pnya ukuran lbih kcil..

    Bktiin sndri dch hsil’y…


  13. mx saya klo d tarik kenceng suka brebet,klo copot AKI kaya motor abis bensin kg kuat lari


  14. motor ane jupiter mx 2005 auto ganti kopling


  15. permisi para master mx semua…. mohon bantuannya master…
    ane udah ganti blok, piston kit, noken as, ori vixion .. ganti CDI BRT,Per klep Racing..
    tapi kok top speed jadi menurun, air radiator cepat habis, bensin juga jadi sangat boros ya ???

    gear 1 = 40
    gear 2 = 60
    gear 3 = 80
    gear 4 = 100

    ane bingung harus apa lagi yang di ubah, padahal udah ane lakuin semua saran2 master di atas…
    mohon pencerahannya ya para master….
    ini email saya reza.pahlevi.56jkt@gnail.com
    atau reply post saya ini ajah..
    trimakasih sbelumnya….


  16. hello



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: